Alasan Boediono di Teriki Maling

Alasan Boediono di Teriki Maling oleh Kamal alias Ahmad Laode Kamaluddin (35) yang meneriakkan "Boediono Maling" segera dibebaskan. Apa alasan Kamal meneriakkan "Boediono Maling" kepada mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) yang juga Wakil Presiden itu.

"Menurut pengakuan pelaku, dia (Kamal) melakukan itu karena kesal. Karena kekesalan yang cukup mendalam," kata Kepala Divisi Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Boy Rafli Amar, Jakarta, Selasa 12 Januari 2010.
Menurut Boy Rafli, Kamal menduga bahwa Boediono ikut terseret dalam skandal Bank Century. Dan pelaku yang juga Presidium Komite Aksi Pemuda Anti-Korupsi (Kapak) itu mengakui perbuatannya.

"Dari keterangan pelaku, memang dia meneriaki Boediono maling," ujar Boy Rafli. Sedangkan untuk adanya laporan penyobekan foto Boediono, Boy Rafli tidak menemukan dugaan itu. "Untuk yang itu (sobek foto) sepertinya tidak ada. Yang dilakukan hanya meneriaki Boediono maling," kata Boy lagi.

Seperti diketahui, Kamal dibawa petugas karena diduga membuat ricuh saat Pansus Century memeriksa mantan Gubernur BI Boediono. Tiba-tiba dari atas balkon, Kamal berteriak, "Boediono maling, Boediono maling."

Dia berteriak berkali-kali. Aksi nekat Kamal itu menarik perhatian. Terlihat tidak hanya Pamdal DPR yang mengamankan aktivis Kapak itu. Ada pula Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres dan anggota polisi.

Yang pasti tindakan itu sempat menyita perhatian Pansus dan Boediono. "Tolong-tolong jangan ada kekerasan," kata Ketua Pansus Century Idrus Marham.