Gelombang Panas 40 derajat Celcius

Gelombang Panas 40 derajat Celcius, Korban jiwa berjatuhan akibat gelombang panas yang melanda Brasil. Bahkan gelombang panas di Rio de Janeiro merupakan yang terparah dalam kurun waktu 50 tahun.Sebanyak 32 orang tewas akibat serangan cuaca yang sangat panas ini. Semua korban merupakan para lanjut usia. Menurut badan cuaca nasional Brasil, Inmet, temperatur di Rio tercatat di atas 40 derajat Celcius. Namun panasnya terasa seperti di atas 50 derajat Celcius.

“Gelombang panas di Rio ini dianggap bersejarah. Saat ini Februari merupakan bulan terpanas dalam 50 tahun terakhir,” kata ahli meteorologi Giovanni Dolif kepada media lokal, O Globo dan dilansir kantor berita AFP, Kamis (11/2).


Bahkan menurut Dolif, berada di Rio saat ini jauh lebih buruk daripada berada di padang pasir tandus sekalipun. Ke-32 korban tewas tersebut merupakan warga Santos, kota di dekat Sao Paulo yang terletak sekitar 350 kilometer sebelah selatan Rio de Janeiro. Separuh dari mereka meninggal di rumah mereka. Sisanya meninggal saat mereka meminta bantuan medis di klinik-klinik.

Gelombang panas ini menjadi Rio sebagai tempat paling panas di planet saat ini. Temperatur di Rio pada Selasa, 9 Februari waktu setempat bahkan tercatat 46,3 derajat Celcius! Temperatur itu masih jauh di bawah temperatur di padang pasir Sahara yang cuma 33 derajat Celcius.