Analisa Keberhasilan Revitalisasi Ketenagakerjaan tahun 2010

Analisa Keberhasilan Revitalisasi Ketenagakerjaan tahun 2010 : Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) salah satu lembaga yang mengurusi pengembangan sumber daya manusia, utamanya dalam memberikan bekal keterampilan kepada angkatan kerja untuk dapat terserap di pasar kerja, merupakan tugas yang tidak ringan dan memerlukan perhatian bersama lintas sektor.

Artinya, di satu sisi lembaga Kemenakertrans mendidik dan melatih para angkatan kerja agar mempunyai keterampilan dan kompetensi kerja. Di sisi lain angkatan kerja yang telah memiliki kompetensi masih belum optimal diterima di pasar kerja, akibat kesempatan kerja terbatas.

Angkatan kerja yang terus bertambah setiap tahunnya merupakan problem
angka pengangguran di Indonesia yang terbaru per Februari 2010 mencapai 7,41 persen atau 8,59 juta orang. Angka ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun sebelumnya yakni 7,87 persen atau mencapai 104,87 juta orang. Data ini didasarkan pada tingkat pengangguran terbuka atau penduduk yang nyata-nyata diklasifikasikan tidak bekerja.

Dengan kata lain kebutuhan dunia pendidikan, hal ini sangat diperlukan sebagai solusi untuk menangani dan menekan tingkat pengangguran. Di bidang pelatihan kerja, tahun 2010 telah dapat dilakukan revitalisasi terdiri dari pembangunan balai latikan kerja (BLK) baru sebanyak empat BLK, pembangunan lanjutan 18 BLK, pengadaan alat pelatihan 62, Mobile TrainingUnit 13 buah, serta berfungsinya kios 3 in 1 di berbagai daerah.
Makalah Analisa Kesempatan Kerja, pertumbuhan Ekonomi dan Ketenaga kerjaan,