Bayi Lahir tanpa Batok Kepala

Waylima : Pakar lampung : setelah bayi tanpa bapak lahir di lampung kini Seorang bayi tanpa batok kepala (Anchepalus) dilahirkan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Mutiara Hati, Tambahsari, Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu. Bayi perempuan buah pasangan Tri Hartati (24) dan Tri Sulistianto (29), warga Dusun Sidorejo, Desa Way Harong, Kecamatan Way Lima, Pesawaran, ini lahir melalui operasi Caesarean, Minggu (18-10), sekitar pukul 21.30.

Menurut Tri Hartati, ibu bayi tersebut, sebelumnya tidak pernah mempunyai firasat apa-apa sebelum anak pertamanya lahir. "Saya tidak mempunyai keluhan apa pun selama mengandung anak kami. Dan, saya rajin kontrol kandungan melalui bidan desa. Bahkan, kandungan dan bayi normal tidak ada yang mengkhawatirkan," kata Tri Hartati.




Sementara, menurut penuturan Tri Sulistianto, ayah sang bayi, dia membawa istrinya ke RS Mutiara Hati di saat setelah istrinya merasakan gejala seperti mau melahirkan. "Karena dirasakan agak kesulitan untuk melahirkan secara normal, akhirnya diputuskan menjalani operasi Caesarean," kata Tri Sulistianto, yang tampak pasrah dengan kondisi anaknya.

Sementara, dr. Saukani, petugas dokter piket RSIA, mengatakan faktor penyebab bayi lahir tanpa batok kepala biasanya diduga disebabkan faktor genetik. "Selain itu, juga karena sang ibu saat mengandung banyak mengonsumsi obat dan jamu tanpa dikontrol oleh dokter, termasuk gizi kebutuhan ibunya," kata di