Situs Uni Eropa Dibajak Mr Bean

Situs Uni Eropa Dibajak Mr Bean, karakter Mr Bean yang diperankan oleh Rowan Atkinson selalu bisa membuat orang yang melihatnya tersenyum. Namun wajah komedian yang satu ini justru membuat geram pemerintahan Spanyol karena wajah komedian asal Inggris tersebut terpampang dalam situs mereka, www.eu2010.es

Tentu saja wajah Mr Bean tidak sengaja diletakkan oleh Rowan Atkinson sendiri, melainkan oleh para hacker. Mereka ingin mengejek Perdana Menteri Spanyol, Jose Luis Rodriguez Zapatero yang menjadi pemimpin Uni Eropa. Pemerintah Spanyol sejak tanggal 1 Januari 2010 ini terpilih secara bergiliran menjadi pimpinan Uni Eropa.

Namun situs yang sengaja dibuat untuk mendukung jabatan tersebut, justru mendapat serangan para hacker. Wajah Mr Bean terlihat seperti yang muncul di televisi, sambil berkata, "Hai di sana."

Pihak berwenang yang mewakili Perdana menteri Spanyol, Jose Luis Rodriguex Zapatero mengakui adanya gangguan pada situs mereka, www.eu2010.es Namun menyebutkan data-data di dalamnya tak terpengaruh.

Akibat serangan hacker, pemerintah mengakui situs mereka diserbu ribuan pengguna internet yang ingin melihat lelucon itu. Tapi situs itu tak bisa dibuka lagi karena dinonaktifkan oleh pemerintah Spanyol.

Pemerintah Spanyol juga telah mengeluarkan pernyataan pelarangan kepada masyarakat Spanyol berkunjung ke situs yang telah dibajak itu. Pemerintah memberi alasan situs tersebut mengandung virus yang dapat membahayakan pengunjung situs.

"Serangan itu diperkirakan merusak sebuah sistem yang mengandung XSS (cross site scripting)," ujar juru bicara pemerintah. Supaya serangan tersebut efektif, mereka harus mengkombinasikan dengan teknik tambahan yang menipu pengguna mengklik link yang mengandung virus tertentu.

Sebelumnya para pengguna internet pada hari Senin, masih bisa melihat wajah Mr Bean yang tersenyum di sana. Wajah itu seolah-olah mengejek pemimpin Spanyol yang menjabat sebagai pimpinan Uni Eropa sekarang. Yakni pada tanggal 1 Januari, tepat dimana PM Spanyol menjabat sebagai pimpinan Uni Eropa.

Baru-baru ini sebuah koran Spanyol El Pais menggambarkan Zapatero dalam kartun Mr Bean. Gambar tersebut menjadi ilustrasi dalam tulisan yang mengkritisi penanganan perekonomian di Spanyol. Jumlah pengangguran di negara itu mengalami peningkatan hingga mencapai 19 persen.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, kemiripan perilaku Mr Bean dengan Perdana Menteri Spanyol, Jose Luis Rodriguez Zpatero menjadi lelucon di Spanyol. Sumber