Lompat 82 Meter dengan Mobil Balap

Pembalap Travis Pastrana benar-benar bernyali. Mobil yang dikendarainya berhasil melakukan atraksi hampir sempurna dan memecahkan rekor lompatan terjauh dunia, 82 meter. Jarak ini jauh melewati rekor lama yang dipegang rekan setim di Subaru, Ken Block, dalam balap mobil pada November 2006.

Saat itu Block melompat sejauh 52,1 meter. Aksi ini terbilang berani karena dilakukan dari sebuah dermaga di Long Beach California ke sebuah kapal tongkang yang ditambatkan di pelabuhan itu.


Sekitar 20.000 orang berkumpul untuk melihat aksi yang merupakan bagian dari acara Red Bull New Year, No Limits series. Tanpa rasa takut Pastrana mengambil ancang-ancang dan memacu mobilnya dengan kencang melewati tanjakan.

Kemudian mobil itu melompat melayang setinggi 67 meter di atas permukaan laut. Penonton yang melihat berdebar-debar karena tantangan yang dibuat pria berusia 26 tahun itu antara hidup dan mati.

Mobil itu mendarat dengan selamat di bagian belakang kapal. Pastrana pun muncul dari mobil dengan melambai ke arah penonton. Ia berhasil melewati ancaman maut. Meski merasa masih kurang jauh dari target yang diinginkan, yakni 100 meter, Pastrana mengaku puas dapat memecahkan rekor Block.

Pastrana adalah pemegang rekor juara reli AS empat kali secara beruntun. Pria yang dikenal suka melakukan aksi stunt juga telah memenangi sembilan medali emas kejuaraan ekstrim. Pada 2006 lalu ia menjadi atlet pertama yang melakukan aksi dobel back-flip dengan mengendarai sepeda motor.

Pastrana mengukuhkan kehadirannya dalam olahraga berbahaya dunia ini ketika berusia 15 tahun. Saat itu ia merayakan medali emas X Games setelah sepedamotornya melompat ke Teluk San Fransisco.