Kartunis Penghina Nabi Muhammad Hampir Mati

Kartunis Penghina Nabi Muhammad Hampir Mati, Seorang pria Somalia berusia 28 tahun, dituduh melakukan percobaan pembunuhan terhadap kartunis Denmark, penghina Nabi Muhammad,seperti yang di lansir Kantor berita Denmark, Ritzau, Sabtu (2/1)
Pria, yang menderita luka tembak oleh polisi saat ia berusaha masuk ke rumah kartunis, Kurt Westergaard pada Jumat (1/1) malam, telah dibawa ke pengadilan di Aarhus dengan memakai pakaian rumah sakit, kata laporan itu. Tersangka menolak berbicara kepada hakim yang memeriksa dia dan memerintahkan ia ditahan dalam tahanan selama empat pekan.

Polisi mengatakan, mereka menembak dan melukai tersangka karena ia mengancam mereka dengan sebuah kapak dan sebilah pisau. Warga Somalia itu, ditengarai memiliki jaringan dengan kelompok garis keras Somalia, Gerakan Shabab dan diduga ia dekat dengan para pemimpin Al Qaida di Afrika Timur.

Kartunis Westergaard telah menerima beberapa ancaman kematian sejak Suratkabar Denmark, Jyllands-Posten, pada September 2005 menyiarkan kartun Nabi Muhammad. Kartun itu digambarkan memakai surban, dengan balutan bom di kepalanya, yang dinilai menghina Nabi Muhammad dan Islam.

Saat percobaan pembunuhan, kartunis itu sedang berada di dalam rumahnya bersama seorang cucu perempuan berusia lima tahun. "Saya mengunci diri saya sendiri di ruangan aman kami dan saya segera membunyikan alarm keamanan polisi. Tersangka berusaha mendobrak pintu masuk dengan kapak, namun ia tidak berhasil," kata Westergaard (74), seperti dikutip Ritzau.Di Denmark terdapat 200.000 warga Muslim dari 3,5 juta penduduk, yang menempati urutan kedua penganut agama terbesar setelah penganut Gereja Lutheran