Kode Rahasia Signal Ponsel

Kode Rahasia Signal Ponsel, Seorang peneliti sistem keamanan telah mengklaim telah memecahkan kode rahasia signal phonecel. Sistem proteksi pada signal GSM yang melindungi percakapan bisa dibuka. Karsten Nohl baru berumur 21 tahun, dia seorang insiyur computer asal Jerman.

Dalam sebuah presentasi Chaos Communication Congress di Berlin, peneliti Karsten Nohl mengatakan telah menyusun 2 terabyte data untuk mengetahui kode enskripti pengaman pangilan GSM dan pesan SMS yan terdapat pada HP.

Nohl mengatakan membuat tabel kunci tersebut, bila dikombinasikan dengan perangkat lunak yang bebas dan open source dengan hardware ribuan dollar. Maka orang dapat memecahkan kode rahasia signal telepon dan mendengarkan pembicaraan orang lain.
Nohl tidak mengatakan teknik yang dibuat akan menjadi sah digunakan untuk umum. Tetapi programer canggih bisa saja membuat perangkat tersebut.

Total kode data rahasia yang diberikan mencapai 3.5 milyar dari total 4.3 milyar yang terhubung diseluruh koneksi diseluruh dunia. Kode GSM dibuat dari pengembangan tahun 1988, dan digunakan untuk mengenkripsi 80% kode telepon diseluruh dunia. Sekarang publik dapat mencari di jaringan BitTorrent, bisa saja seseorang membuka dan penguping pembicaraan orang lain.

Code A5/1 yang dijebol adalah versi lama 64 bit dan kurang aman dibanding versi baru. Versi terbaru mengunakan 128-bit A5/3 dikembangkan tahun 2007 dan belum tersentuh sampai saat ini.Sayangnya banyak perusahaan GSM belum mau mengadopsi teknologi terbaru tersebut.

Nohl bukan orang pertama yang mengungkap bisa membuka kode rahasia GSM. Tahun 2003 seorang peneliti jenius dari Israel juga sudah melakukan hal yang sama. Sebuah team menampilkan kemampuan untuk menangkap dan membuka enskript suara GSM hanya dengan perangkat ribuan dollar. Dan hanya membutuhkan waktu setengah jam sudah bisa dibuka.