Alasan PNS melakukan Korupsi

Alasan PNS melakukan Korupsi merupaka hal yang klasik Sebenarnya yang perlu dilakukan perombakan adalah "KEBANGGAAN MENJADI ORANG INDONESIA" dimana dalam realitas hidup, para pejabat banyak sekali yang tidak merasa mempunyai Negara ini (sense of Indonesian), sehingga mereka hanya berfikiran menjadi PNS untuk korup, bagaimana Tidak , untuk menjadi seorang PNS sekarang harus menyuap, kalau tidak menyuap mana mungkin bias jadi Pegawai Negeri.

Diperusahaan swasta, perusahaan yang ditangani oleh pemilik langsung cenderung tingkat korupnya kecil jika dibandingkan dengan perusahaan yang ditangani oleh professional yang bukan pemilik ( lihatlah diperusahaan BUMN, ASING, SWASTA dilevel menengah kebawah !!)


Kita tidak akan kaget apabila pengadaan diperusahaan-perusahaan besar, selalu saja melibatkan orang dalam baik dalam hal jumlah, harga, kualitas maupun pengecualian...hal ini juga berlaku diperusahaan asing besar, jangan apriori dulu tapi mari kita jujur dan objective dikehidupan nyatanya.

Ini menjadi dilema dalam penanganan korupsi dinegeri kita ini, kenapa ? karena selain kompensasinya memang rendah, juga penegakan hukumnya tidak tegas, selalu saja ada toleransi dan kompromi. Selain itu negara juga mempunyai fungsi untuk menampung tenaga kerja yang tidak mendapatkan pekerjaan di luar, hal ini menjadi bumerang bagi negara.