Bendera Merah Putih Sobek Berkibar di Kantor DPRD

Bendera Merah Putih Sobek Berkibar di Kantor DPRD, Bendera Merah Putih adalah simbol kebesaran negara Indonesia. Namun, apa jadinya bila simbol NKRI itu dibiarkan tak terurus. Itulah yang terjadi di gedung mewah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau.

Bendera yang dipasang di gedung wakil rakyat ini jelas terpampang di depan Kantor DPRD Riau Jalan Jenderal Sudirman yang terletak di jantung Kota Pekanbaru, Riau. Bendera ini berkibar di ujung tiang dengan ketinggian 25 meter dengan kondisi lusuh dan berwarna pudar.
Yang juga menyedihkan, bendera yang menjadi simbol perlawanan terhadap penjajah ini memiliki sobekan panjang sekira 30 sentimter di bagian bawah ujung bendera berwarna putih. Sobekan di kain yang menandakan makna suci ini jelas terlihat menjuntai tertiup angin. Sungguh keadaan yang ironis.

Setiap mata bisa memandang bendera yang compang-camping di gedung wakil rakyat itu. Sungguh menjadi pemandangan yang menggangu, seperti yang okezone lihat hari ini, Selasa (22/12/2009).

Padahal, Provinsi Riau memiliki APBD cukup besar, yakni sebesar Rp 4,2 triliun. Namun, pemerintah setempat seakan tak mampu membeli bendera baru. Terlebih, bendera itu berkibar di kantor wakil rakyat yang berkantong tebal. Apakah wakil rakyat yang duduk di kursi empuk tidak tersentuh sama sekali?

Handra, warga Pekanbaru mengaku sangat prihatin kepada para wakil rakyat yang mebiarkan Merah Putih tidak terurus. Bahkan, Hendra siap membeli bendera baru untuk mengganti bendera kusam tersebut.

“Saya malu melihat bendera itu kusut dan sobek, itu kan simbol negara. Walaupun saya bukan pahlawan perang, sebagai anak bangsa saya sangat kecewa melihat pemandangan itu,” keluhnya.