Konser Tunggal Tersukses 2009

Konser Tunggal Tersukses 2009 seperti dilansir ABCnews, Sabtu 19 Desember 2009, bila melirik dari daftar sejumlah tur musik teratas tahun ini menunjukkan sebaliknya. Banyak sekali penonton yang sangat antusias menyaksikan tur musik.

Setidaknya ada 25 tur musik teratas yang dihadiri sekitar 1 juta penonton untuk menyaksikan aksi sang pujaan. Sebut saja penampilan Madonna dan U2 yang sukses meludeskan 2,1 juta dan 3 juta tiket terjual.

Dari sekian banyak aksi tur musik, ada lima tur yang sukses melampau angka USD100 juta atau sekitar Rp 1 triliun. Dan ada 18 tur musik yang sukses menembus angka USD50 juta atau sekitar Rp 500 miliar.

Tingkat teratas diduduki konser U2 dengan penampilan 360 tur. Aksi Bono sang vokal, The Edge pada gitar, Adam Clayton pencabik bass dan Larry Mullen penabuh drum, membuat decak kagum.

Konser mereka dengan mengejutkan dengan mampu menembus angka USD311,6 juta atau sekitar Rp 3 triliun lebih keuntungan bersih. Dengan sekitar 3 juta penonton yang meludeskan tiket di 44 konser.

Setelah U2, posisi kedua diduduki artis cantik serba bisa, Madonna. Rangkaian tur bertajuk "Madonna Stucky & Sweet" itu berakhir tahun ini. Konser luar biasa itu mampu meraup dana sekitar USD222 juta, atau sekitar Rp 2 triliun lebih

Madonna mampu mengukuhkan dirinya sebagai artis dengan konser solo tunggal tersukses. Aksi solo Madonna juga membuktikan bahwa dirinya mampu memperoleh pendapatan tertinggi pada setiap pertunjukkan.

Rata-rata yang diperoleh Madonna adalah sekitar USD4,8 juta atau Rp 40 miliar lebih dalam setiap penjualan tiket. Madonna bahkan disebut-sebut sebagai artis yang menduduki urutan tertinggi dalam konser musik teratas sepanjang tahun 2009.