Akses Google Tidak Gratis Lagi

Akses Google Tidak Gratis Lagi, Siap siap bagi pencari berita gratis di dunia maya. Situs mesin pencari, Google, menyetujui permintaan sejumlah media online untuk membatasi akses pencarian Google yang bersifat gratis. Kini situs media online punya program perisai, yang mereka namakan First Click Free Programme. Dengan begitu, artikel-artikel yang biasanya bisa diunduh dan dibaca gratis tiap harinya makin terbatas.

Bila tadinya tiap 'klik' dari pengguna internaet bebas biaya, kini tidak lagi,'' kata Senior Business Product Manager Google, Josh Cohen, seperti dikutip BBC, Selasa (1/12) waktu setempat.

Sekarang tidak seluruh halaman gratis. Program di atas akan membatasi akses pengguna hanya, misalnya, ke lima halaman. Sisanya, bila pengguna komputer ingin membaca lebih jauh, harus mendaftar dan ini artinya merogoh dolar AS dari koceknya.

Media berita online sudah cukup lama ingin menerapkan hal ini. Mereka menilai Google yang mereguk keuntungan iklan dari tiap 'klik' pembukaan situs berita di tempatnya. Salah satu raja media yang paling ngotot menerapkan hal ini adalah Rupert Murdoch.

Tapi pada awal penerapan program ini belum mulus. Ada celah bagi pembaca untuk membaca secara gratis di internet. Caranya tetap memanfaatkan Google, tapi dengan teknik pencarian artikel atau halaman yang berbeda dari biasanya.