Artis Dangdut Pingsan Melihat Pohon Pisang Aneh di Menteng

Artis Dangdut Pingsan Melihat Pohon Pisang Aneh di Menteng ; Pertunjukan dangdut dalam rangka perayaan acara khitanan salah seorang warga RT 12 RW 10 Menteng Tenggulun, Jakarta, pada 3 April lalu, berbuntut panjang. Usai acara itu, muncul pohon pisang yang berbuah dari tengah batangnya, setelah ditebas. Beberapa kali, warga setempat juga digegerkan dengan penampakan sosok kuntil anak di samping rel kereta api.

Cerita bermula saat Ketua RT setempat memerintahkan kepada sejumlah warganya untuk bersih-bersih menjelang acara dangdutan yang diselenggarakan salah seorang warga setempat. Adalah Emo Sudarmo bersama Jumadi dan Sulaiman yang kemudian berinisiatif memotong dua pohon pisang yang berada di samping rel kereta api di dekat Stasiun Manggarai itu.

“Saat menebang tidak ada peristiwa aneh, tapi malamnya salah seorang artis dangdut pingsan dan kesurupan setelah melihat ke arah pohon pisang,” ujar Emo di Jakarta, Senin (3/5/2010).
Salah seorang warga yang memiliki kemampuan menerawang akhirnya turun tangan. Diceritakan, penunggu pohon pisang yang berupa kuntilanak marah karena rumahnya dirusak. “Kuntilanak itu adalah arwah penasaran dari seorang perempuan yang tewas tertabrak kereta di situ,” ujar Emo, menirukan penjelasan sang paranormal.

Pada keesokan harinya, aktivitas warga Menteng Tenggulun pun berjalan normal. Namun dua pekan sejak pentas dangdutan mulai muncul peristiwa-peristiwa aneh. Salah satunya adalah munculnya buah pisang dari batang yang sudah ditebas dengan golok.

Pantauan okezone di lapangan, dari dua pohon pisang yang ditebas Emo dkk, hanya satu saja yang memunculkan keanehan. Tepat ditempat bekas dipotong, muncul bakal buah pisang yang kini sudah tumbuh menjadi buah pisang berukuran kecil. Jumlahnya pun sudah mencapai 12 sisir.

“Awalnya saya kira cuma gurauan orang-orang saja yang menancapkan buah pisang dijantung pohon pisang. Tapi ternyata pisang yang ada tumbuh membesar,” ujar Keisih (50), salah seorang warga RT 12.

Keanehan lain pun bermunculan. Seringkali anak kecil yang melihat ke arah pohon pisang pasti langsung ketakutan dan mengaku melihat sesosok perempuan berbaju putih. Tak pelak cerita dari mulut ke mulut ini pun menyebar luas. Akibatnya puluhan orang tiap hari berdatangan untuk melihat pohon pisang yang menjadi bahan perbincangan. Pohon pisang itu kini kanan kirinya ditutup menggunakan plastik transparan yang dilekatkan ke sejumlah tiang bambu di sekitarnya.

“Keanehan lain, pengunjung yang berfoto-foto mengaku melihat penampakan juga. Kadang pohon pisangnya tampak gelap, atau pisangnya sudah matang, atau ada orang meluk pohon pisang. Padahal waktu mengambil gambar tidak ada apa-apa,” tutur Emo