Gaji Sri Mulyani Sebagai Managing Director World Bank

Gaji Sri Mulyani Sebagai Managing Director World Bank ; Pendapatan yang akan diperoleh seorang direktur pelaksana Bank Dunia secara keseluruhan sekitar Rp4,288 miliar per tahun. Ini sudah termasuk gaji pokok, tunjangan dana pensiun, dan manfaat lainnya dalam satu tahun.

Demikian laporan keuangan Bank Dunia yang dipublikasikan di Washington tahun 2009. Laporan keuangan itu untuk bagian Remunerasi Pejabat di Level Eksekutif Manajemen, Direktur Eksekutif, dan Staf periode 1 Juli 2008 hingga 30 Juni 2009.

Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa gaji pokok Direktur Pelaksana Bank Dunia yang dijabat Juan Jose Daboub mencapai 347.050 dollar AS per tahun atau sekitar Rp3,123 miliar per tahun.

Selain itu, Daboub juga menerima manfaat berupa premi dana pensiun yang mencapai 52.752 dollar AS dan manfaat atau tunjangan lain yang totalnya mencapai 76.698 dollar AS per tahun. Dengan demikian, total remunerasi yang diterima adalah 476.500 dollar AS atau sekitar Rp4,288 miliar.

Posisi Daboub akan digantikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mulai 1 Juni 2010. Pinangan Bank Dunia untuk mengangkat Sri Mulyani itu sudah disetujui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Gaji pokok yang diterima Daboub merupakan ukuran terendah pada posisi direktur pelaksana Bank Dunia. Pasalnya, gaji pokok untuk direktur pelaksana lainnya, seperti Ngozi N Okonjo-Iweala mencapai 351,740 dollar AS per tahun.

Sri Mulyani akan menjadi salah satu dari tiga direktur pelaksana Bank Dunia. Posisi direktur pelaksana adalah kedua tertinggi setelah presiden direktur Bank Dunia.

Sri Mulyani akan mengawasi tiga bidang di antaranya Amerika Latin dan Karibia, Timur Tengah dan Afrika Utara, dan Asia Timur dan Pasifik. Dia juga akan mengawasi Kelompok Sistem Informasi.

Bank Dunia beranggotakan 186 negara. Struktur organisasi Bank Dunia terdiri dari Vice Presidential Units , Senior Management, dan Bank Organization Chart