Implementasi Sistem Pakar Dalam Bidang Farmakologi Dan Terapi Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Berbasis Web

Implementasi Sistem Pakar Dalam Bidang Farmakologi Dan Terapi
Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Berbasis Web


ABSTRAKSI

Dalam bidang kedokteran, farmakologi mempunyai tujuan agar obat dapat digunakan secara rasional yaitu meliputi cara pemberian obat terhadap seorang pasien suatu penyakit sesuai dengan jenis penyakit dan dosis serta cara penggunaannya untuk maksud pencegahan, diagnosis, dan pengobatan penyakit (terapi), demi keamanan dan khasiat terapi yang diharapkan. Mengingat banyaknya obat yang beredar khususnya di Indonesia, yang belum memenuhi syarat product insert yang baik,


sementara daya ingat manusia khususnya seorang dokter atau paramedis non dokter mempunyai kapasitas yang terbatas untuk mengingat semua jenis obat yang beredar beserta dosis dan cara penggunaannya, maka perlu dibuat program sistem pakar sebagai alat bantu bagi dokter maupun tenaga paramedis non dokter untuk mendiagnosa penyakit berdasarkan gejala-gejala yang dialami pasien. Hasil diagnosa penyakit ini kemudian akan disesuaikan dengan kondisi pasien untuk dijadikan dasar penggunaan obat maupun terapi yang akan diberikan kepada pasien sebagai tindakan medis yang akan ditempuh.

Jenis representasi pengetahuan dalam sistem ini adalah menggunakan production rules dengan menggunakan metode pelacakan forward chaining. Program ini memanfaatkan media World Wide Web (WWW) dengan menggunakan media komunikasi Common Gateway Interface (CGI).



Tujuannya yaitu agar program dapat

diakses secara bebas, sehingga diharapkan akan terjadi pertukaran informasi untuk memperlengkap informasi
yang telah ada. Implementasi sistem pakar bidang farmakologi dan terapi ini menggunakan teknik pemrograman prosedural berorientasi obyek menggunakan bahasa perl (practical and extraction report language) versi 5.005_03 for MSWin32-x86-object dengan Ultra Edit® Professional Text/HEX Editor Versi 7.20a sebagai editornya. Program masih berupa prototype dan hanya merupakan alat bantu berpikir dalam bidang farmakologi dan terapi sehingga bukan satu-satunya faktor penentu terciptanya pelayanan kesehatan yang optimal.

Download Lengkap makalah Implementasi Sistem Pakar Dalam Bidang Farmakologi Dan Terapi Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Berbasis Web