Kesepakatan Gubernur se-Sumatera

Kesepakatan Gubernur se-Sumatera, Sedikitnya empat item yang disepakati bersama 10 kepala pemerintah daerah provinsi se-Sumatera, diantaranya pendidikan dan kebudayaan, infrastruktur dan perhubungan, penataan ruangan serta kelistrikan. Selain juga, dari rapat koordinasi tersebut disepakati satu bidang khusus.

Dari kesepakatan bidang pendidikan dan kebudayaan, sepuluh kepala daerah provinsi se Sumatera sepakat mengembangkan pendidikan selain untuk peningkatan kualitas sumberdaya manusia, juga diarahkan untuk peningkatan relevansi guna pemenuhan kebutuhan pasar kerja (link and match).

Untuk percepatan pelaksanaan program pendidikan tersebut, disusun beberapa rekomendasi. Di antaranya, menyusun road map SDM untuk seluruh wilayah di Sumatera, menyusun program bidang studi unggulan pada masing-masing perguruan tinggi se-Sumatera dan mendorong percepatan proses peningkatan status Perguruan Tinggi yang telah dibangun menjadi PTN di Provinsi Kepulauan Riau dan Bangka Belitung.

Selain itu, mereka juga mendorong pemerintah dan pemerintah daerah untuk mendukung anggaran untuk mewujudkan center of excelence perguruan tinggi se-Sumatera serta mendorong pembentukan training center peningkatan kompetensi guru/dosen bidang studi sesuai potensi keunggulan masing-masing provinsi.

Tak hanya itu saja, sepuluh kepala daerah tingkat provinsi se Sumatera juga sepakat mengembangkan kerjasama penelitian dan pengembangan antar perguruan tinggi se-Sumatera dan menyusun skema beasiswa untuk memberi peluang mahasiswa dari Sumatera.

Termasuk juga menyusun skema kerjasama antar PTN dan antara PTN dan Pemerintah Provinsi Se Sumatera dan melakukan pengawasan Perguruan Tinggi Swasta untuk tetap dapat menjaga standar mutu.

Khusus jurusan/Fakultas Bidang Studi Keguruan, mereka sepakat agar dikelola oleh Perguruan Tinggi Negeri guna menjaga standar guru yang berkualitas.

Para kepala daerah tersebut juga menilai perlu dilakukan studi pengembangan dan event kebudayaan secara reguler dalam rangka memperkuat Common Sense untuk pembangunan lainnya di berbagai bidang serta upaya menciptakan masyarakat kreatif yang tidak krisis identitas dan krisis kepemimpinan.

Untuk lebih menkongkritkan berbagai usulan di Bidang Pendidikan se Wilayah Sumatera, mereka sepakat akan menggelar rapat teknis bersama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas, Forum Rektor dan Bappeda se Sumatera dalam upaya penyempurnaan rumusan konsep Center of Excelence guna memfungsikan peningkatan mutu sumberdaya manusia.