Polisi Tembak kaki Bocah 15 tahun

Polisi Tembak kaki Bocah 15 tahun. Hanya karena persoalan sepele seorang bocah di Jakarta Utara mengalami luka tembak di bangian kaki. Penembak adalah anggota polisi dari Polsek Metro Koja. Kejadian yang menimpa Muhammad Rifky, 15 tahun, memang telah berlangsung lama, sekitar tiga bulan lalu. Tapi keluarga baru mengetahui kejadian penembakan itu satu bulan lalu. "Keluarga tahu dari Subhan kawan Rifky," ujar Zulkifly, paman korban, di Polsek Koja, Senin 12 Desember 2009.

Padahal, Zulkifly melanjutkan, Rifky yang tinggal di Jalan Walang Sakti, Plumpang Semper, RT 06, RW 012, Tugu Utara, Jakarta Utara, ini hanya terlibat perkelahian dengan kawannya bernama Aco, 20 tahun, warga Permai. Diduga persoalan berawal dari rebutan menadah bensin dari mobil tanki Pertamina.

Berdasar pengakuan Rifky kepada Zulkifly, akibat perkelahian yang terjadi sekitar Puasa lalu itu, lawannya menderita luka di kepala dan berdarah. Kemudian Rifky melarikan diri ke Bekasi. "Dia takut, karena katanya korban memiliki saudara yang menjadi anggota polisi," ujar pria yang juga menjabat Wakil Ketua Front Pembela Islam Kecamatan Koja, ini menceritakan kembali pengakuan Rifky.

Polisi pun akhirnya mengetahui keberadaan Rifky yang bersembunyi di Bekasi, dan menangkapnya. Selanjutnya Rifky dibawa ke daerah Sunter Podomoro.

"Sampai di Sunter, dia disuruh turun," kata Arifin, 43 tahun, paman Rifky yang lain, ikut menjelaskan. "Lalu ditembak dari belakang, sehingga seolah-olah lari."Arifin merasa tidak terima karena ponakannya ditangkap di luar prosedur. "Urusan sepele kok pakai ditembak," ujar dia.

Menurutnya, Kepala Kepolisian Sektor Metro Koja Komisaris Agus Suwito sudah mengakui kesalahan prosedur penangkapan itu. "Dia sudah meminta maaf dan berjanji akan bertanggung jawab," katanya.

Wakil Kepala Resor Metro Jakarta Utara Ajun Komisaris Besar Suherman, membenarkan penembakan terhadap Rifky. Hanya, sampai saat ini, polisi masih menyelidiki prosedur penanganan yang terjadi. "Kalau ada pelanggaran pasti akan kami tindak tegas," kata Suherman. "Karena kami memang sedang berusaha menjaga citra dan memperbaiki kepolisian."

sumber
VIVAnews