Hasil Piala Dunia 2010 Slovenia vs AS Berakhir Seri 2-2

Hasil Piala Dunia 2010 Slovenia vs AS Berakhir Seri 2-2 ; Satu per satu tim unggulan menuai malu pada Piala Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Setelah Spanyol takluk dari Swiss 0-1, kemudian disusul Prancis dipermalukan Meksiko 0-2, serta tuan rumah Afsel dihajar Uruguay 0-3, tadi malam (18/6) giliran Jerman yang bertekuk lutut pada Serbia, 0-1. Dengan kekalahan Jerman itu persaingan di grup D semakin ketat. Sebab, tiga tim di grup D, yakni Jerman, Ghana, dan Serbia, memiliki koleksi poin sama, yakni tiga poin.

Bedanya, Jerman dan Serbia telah memainkan dua pertandingan, sedangkan Ghana baru akan melakoni laga kedua melawan Australia, malam nanti. Jerman yang tampil perkasa pada laga perdana dengan mengalahkan Australia 4-0, sebenarnya lebih menguasai pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth, itu. Hanya saja, lini pertahanan Serbia yang digalang Nemanja Vidic dkk begitu kokoh, sehingga sulit ditembus.

Terus menekan, tapi selalu gagal mencetak gol membuat para striker tim Panser (julukan Jerman) mulai frustasi. Puncaknya, pada menit ke-36, Miroslav Klose bikin kesalahan fatal. Striker Bayern Munchen itu melanggar keras kapten Serbia Dejan Stankovic. Akibatnya, wasit asal Spanyol Alberto Undiano Mallenco memberikan kartu kuning kedua dan Klose harus keluar lapangan. Kekurangan pemain yang dialami Jerman, mampu dimanfaatkan Serbia.

Giliran mereka tampil menekan. Alhasil, hanya berselang dua menit dari diusirnya Klose, Serbia bisa menjebol gawang Jerman yang dikawal kiper Manuel Neuer. Gol itu dicetak winger Milan Jovanovic pada menit ke-38 setelah menerima umpan dari striker Nicola Zigic.

Sejatinya, Jerman memiliki kesempatan menyamakan skor melalui titik penalti pada menit ke-60. Itu terjadi setelah Vidic menahan bola dengan tangan di area terlarang. Sayang, eksekusi Lukas Podolski mampu ditepis kiper Serbia Vladimir Stojkovic. Bagi Jerman, kegagalan Podolski mengeksekusi penalti, menjadikan dia masuk ke catatan rekor buruk. Sebab, itulah kali pertama pemain Jerman gagal mengeksekusi penalti pada pertandingan reguler sejak Piala Dunia 1974.

Sedangkan, bagi Serbia, sebelum berpisah dari Yugoslavia sempat enam kali bertarung dengan Jerman dan hanya sekali meraih kemenangan pada 1962. Itu artinya sudah 38 tahun mereka tak pernah menang atas Jerman. "Saya merasa babak kedua seperti bukan 45 menit, tapi seperti dua tahun lamanya. Kami mengalahkan Jerman setelah 38 tahun, dan ini jelas sesuatu yang sangat spesial bagi kami," bilang Milan Jovanovic, striker Serbia, seperti dikutip AP.

Sementara itu, dalam pertandingan lainnya, Slovenia gagal mencatat sejarah. Setelah merebut kemenangan pertama di Piala Dunia saat melawan Aljazair, tim besutan Matjaz Kek itu mengincar lolos ke perdelapan final. Sayang, impian itu belum tercapai karena dalam pertandingan tadi malam Slovenia ditahan seri Amerika Serikat (AS) 2-2.

Bermain di Ellis Park, Johanneburg, impian Slovenia sempat membuncah begitu unggul 2-0 pada babak pertama lewat gol Valter Birsa pada menit ke-13 dan gol Zlatan Ljubijanki" pada menit ke-42. Skor 2-0 bertahan hingga jeda turun minum. Namun, pada interval kedua, The Yanks (julukan AS) mengejar ketertinggalan. Baru tiga menit babak kedua berjalan Landon Donovan menjebol gawang Slovenia. Setelah itu, Michael Bradley menambahnya pada menit ke-84.

Setelah itu, tendangan Maurice Edu setelah menerima umpan dari Donovan mampu menjebol gawang Slovenia yang dikawal Samir Handanovic jelang laga berakhir. Sayang, wasit Koman Coulibaly menganulirnya karena dinilai terjadi pelanggaran. Meski begitu, hasil seri itu membuat Slovenia tetap memuncaki klasemen grup C dengan koleksi empat poin, sedangkan AS di posisi kedua dengan mengemas dua poin. Inggris berada di posisi ketiga dengan satu poin, tapi baru melakoni laga kedua dini hari tadi melawan Aljazair.