Ternyata Bisnis Teknologi mendapatkan kepercayaan paling tinggi

Ternyata Bisnis Teknologi mendapatkan kepercayaan paling tinggi, dari Hasil survei Trust Barometer 2010 menunjukkan tingkat kepercayaan pemangku kepentingan di hampir seluruh sektor bisnis mengalami peningkatan. "Terutama sektor teknologi yang mendapatkan kepercayaan paling tinggi," kata Direktur Indopacific Edelman Bambang Chriswanto di Jakarta, Selasa (4/5).

Survei menunjukkan, sekitar 90 persen dari 200 kalangan terdidik di Indonesia mempercayai perusahaan di sektor teknologi, atau meningkat dari nilai tahun lalu yang cuma 81 persen. Peringkat kedua terdapat industri otomotif dengan tingkat kepercayaan mencapai 85 persen.

Adapun kalangan perbankan menduduki posisi ketiga dengan nilai kepercayaan 84 persen. "Kalangan perbankan Indonesia mendapatkan nilai tertinggi dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia-Pasifik meskipun sempat mengalami krisis global," kata Bambang.

Sektor yang mengalami penurunan kepercayaan adalah ritel. Jika tahun lalu nilai sektor ini mencapai 81 persen, namun pada tahun ini turun menjadi 75 persen. Sektor asuransi mendapatkan kepercayaan paling rendah, hanya 59 persen responden.

Meski tingkat kepercayaan yang diraih cukup tinggi, menurut Bambang, kalangan bisnis Indonesia juga dituntut untuk memiliki standar akuntabilitas yang lebih tinggi. "Meski kinerja perekonomian lokal sangat kuat tapi kalangan bisnis tidak bisa bersantai-santai," tuturnya.

Survei tingkat kepercayaan terhadap kalangan bisnis ini melibatkan 4.875 responden pemuka opini di 22 negara termasuk Indonesia, Cina, India, Singapura, Jepang, Korea Selatan, dan Australia.